HADIRNYA DUNIA LAIN BERNUANSA JEPANG DI JAPANASE WORLD 2019

image

Japanese World sebuah acara tahunan mahasiswa jurusan Studi Kejepangan Universitas Airlangga. Acara ini diadakan dengan tujuan untuk lebih memperkenalkan budaya Jepang kepada masyarakat luas agar lebih mengetahui hal apa saja yang baru dari budaya jepang ataupun yang sudah ada. Memadukan unsur budaya Indonesia didalamnya juga merupakan salah satu keistimewaan dari acara tersebut.Serta acara ini untuk memperlihatkan hubungan antara Indonesia dengan Jepang yang erat. Pada Japanese World 2019 yang diadakan pada tanggal 20 dan 21 Juli ini, mengangkat tema Natsu no Eien no Monogatari yang berarti “Kisah abadi di musim panas”. Dalam acara tersebut Icon JW sendiri melambangkan dewa dan dewi Tanabata (festival bintang di Jepang) yang merupakan festival yang ada di musim panas di Jepang.

Rangkaian acara pada Japanese World ini banyak menampilkan pertunjukan-pertujukan utama seperti penampilan grup band, dance, tari tradisional Jepang dan cosplay. Banyaknya stand-stand makanan yang menyediakan jajanan-jajanan Jepang hingga Indonesia pun juga ikut meriahkan acara tersebut. Pada Japanase World 2019 menyuguhkan berbagai perlombaan untuk siswa-siswi SMA dan umum. Lomba akademik terdiri atas Shodo (kaligrafi Jepang), Kuizu Taikai  (cerdas cermat pengetahuan umum Kejepangan), Katari (bercerita), Sakubun (mengarang), Kakikikitori (mendengar dan menulis), Kanji Taikai (kompetisi kanji) dan Rodoku (membaca cepat).

Ada pula lomba umum yang merupakan lomba-lomba yang tidak berkaitan dengan Bahasa dan pengetahuan akan Kejepangan. Lomba umum ini terdiri atas lomba cosplay (bermain kostum karakter anime dan Game Jepang), coswalk (cosplay dan catwalk), okeru (berkaraoke), tabetaikai (lomba makan), seiyuu (pengisi suara), desain komik, desain karakter, band, dance cover dan fotografi.

Japanese World 2019 juga mengadakan berbagai workshop yang menyajikan budaya tradisional Jepang. Diantaranya adalah workshop Wagashi (kue Jepang), Yukata (pakaian tradisional Jepang), Kanzashi (hiasan rambut tradisional khas Jepang) dan Kendo (salah satu seni bela diri Jepang). Japanese World 2019 ditutup dengan pesta hanabi (kembang api) turut menjadi acara yang selalu ditunggu oleh para pengunjung setiap tahunnya.